Yuk Kenalan dengan Destinasi Wisata Kalimantan Timur, Calon Ibukota Baru Indonesia

Beberapa waktu lalu, Bapak Joko Widodo Selaku Presiden secara resmi telah mengumumkan bahwa
Kalimantan Timur terpilih menjadi lokasi calon ibu kota baru Indonesia. Meskipun belum ada lokasi pastinya, Kalimantan Timur merupakan provinsi yang bertaburan destinasi wisata menarik.
Nah pada kesempatan kali ini tim KopiLangit sudah merangkum beberapa destinasi yang bisa kamu kunjungi di calon ibu kota baru kita ini

Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

pixabay.com
  • Sungai Mahakam

Sungai yang membentang dengan panjang sekitar 920 kilometer ini melintasi wilayah Kabupaten Kutai Barat di bagian hulu, hingga Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda di bagian hilir.
Di sungai hidup spesies mamalia ikan air tawar yang sangat langka, yaitu Pesut Mahakam. dan jika beruntung kamu bisa nemuinya ketika berkunjung kesana.

  • Taman Nasional Kutai

Taman Nasional Kutai merupakan salah satu objek andalan yang ada di Kalimantan Timur, memiliki luas hingga 198.629 Ha.
Taman Nasional Kutai sangat banyak menyimpan banyak sekali vetegasi di dalamnya yaitu vegetasi hutan pantai atau mangrove, hutan rawa air tawar, hutan kerangas,
hutan genangan dataran rendah, hutan ulin, meranti, kapur dan hutan Dipterocarpaceae campuran.

  • Pulau Derawan

Kepulauan Derawan terletak di Laut Sulawesi, di pesisir Kabupaten Berau, Kalimantan Timur dan menghadap ke mulut muara Sungai Kelai dan dikenal
dengan Delta Berau. Kepulauan ini terdiri atas enam gugusan pulau besar, yaitu Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, Pulau Maratua, Pulau Panjang,
Pulau Samama, serta beberapa pulau kecil dan gugusan karang.

  • Pulau Maratua

Pulau maratua, Sebuah pulau kecil yang berada di selatan pulau tarakan dan berada di lautan sulawesi.
Pulau yang berbentuk mairip huruf ini memiliki eksotisme dan keindahan yang sanga indah. Karakteristik dari pulau maratua hampir mirip dengan pulau derawan.

  • Danau Kakaban
Baca Juga  Menu Makan di Gunung, Jagung Keju Susu

danau yang airnya berasal dari rembesan air laut dan kucuran hujan. Danau ini juga merupakan habitatnya ubur-ubur mini yang tidak menyengat dalam jumlah ribuan.
Mereka “terjebak” sejak ribuan tahun silam yang akhirnya hidup tenang.

  • Batu Dinding Samboja

Batu Dinding Samboja merupakan batu setinggi 125 meter yang membentang sepanjang 150 meter di Desa Bukit Merdeka Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara. Batu Dinding Samboja menjadi destinasi yang sering digunakan untuk hiking. Dari puncak Batu Dinding Samboja akan tampak pemandangan hutan tropis yang hijau.

  • Gua Haji Mangku

Gua haji Mangku merupakan salah satu gua alam yang terletak di Pulau Maratua. Lokasinya tak jauh dari bibir pantai membuat gua ini cukup mudah dijangkau hanya dengan berjalan kaki. Keunikan Gua Haji Mangku adalah keberadaan kolam alami berwarna biru toska sedalam 15 meter yang terhubung langsung dengan laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *