Wisata ‘Ekstrem’ di Museum Genosida Tuol Sleng, Kamboja

Apakah Anda menyukai wisata dengan tantangan atau advanture travel? Jika ya, mungkin wisata yang satu ini patut dijajal. Bukan tentang tantangan menaklukan medan terjal berliku atau ngarai tajam, bukan pula tentang menjelajah rimba dengan satwa liar di dalamnya, melainkan sooal uji nyali alias mental berhadapan dengan objek yang ada di depan mata. Walah.. memang di mana sih ada wisata uji nyali hari gini? Ya, Museum Genosida Tuol Sleng di Kamboja termasuk tempat uji nyali ‘terbaik’ di Asia. 

Anda yang sudah acap kali bertandang ke Kamboja atau mungkin belajar sejarah dan seluk beluk negara tersebut pasti tak akan terkejut. Namun, bagi Anda yang baru mendengar sekali soal museum ini, bersiaplah bulu kuduk merinding!

akriemaulana.blogspot.com

Umumnya museum memang tak jauh-jauh dari kesan kuno bahkan ‘sedikit angker’. Hal tersebut wajar mengingat museum adalah tempat menyimpan barang-barang lama bahkan antik, sehingga tak jarang ‘ada penunggu’ dari dunia lain alias hantu. Namun, dalam kasus Museum Genosida Tuol Sleng ini benar-benar berbeda!

Bagaimana tidak, di museum ini Anda akan dihadapkan pada benda ‘mengerikan’ yang setiap orang bisa melihatnya dan bukan benda gaib seperti ‘hantu’. Wah benda apa itu? 

Museum Genosida Tuol Sleng awalnya adalah sekolah yang kemudian beralih fungsi menjadi penjara tempat interogasi dan penyiksaan para tahanan saat Kamboja berada di bawah kekuasaan Pol Pot tahun 1975. Beberapa gedung museum tersebut, seperti Gedung A dan B menjadi saksi bisu bagaimana kebengisan rezim Khmer Merah saat itu dalam menyiksa para tahanan. 

akriemaulana.blogspot.com

Bukan ditembak mati atau dipenggal kepalanya, konon para tahanan digantung dengan posisi kepala di bawah dan tangan serta kaki diikat. Tahanan yang digantung terbalik itu kemudian dimasukan ke dalam tong besar berisi air dan kemudian diangkat dan diturunkan kembali terus hingga lemas bahkan berhenti benafas! 

Baca Juga  Menu Makanan Siang di Gunung, Tumis Ayam Kecap
akriemaulana.blogspot.com

Belum cukup merinding mendengar sekaligus menyaksikan beberapa spot pembantaian tersebut? Cobalah mengintip ke salah satu lantai di Gedung B. Di sana terdapat foto hitam putih para tahanan yang tergantung rapi. Wajah para tahanan tampak ‘memelas’ dan penuh keputusasaan. Di sini Anda akan melihat langsung potret-potret wajah yang kemudian dibantai habis-habisan di sekitar gedung—tempat Anda juga berdiri itu! 

Wewww.. bagaimana Anda ingin segera uji nyali atau malah urung berangkat?!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *