Wajib Tahu! Inilah Kelebihan E-Paspor dibandingkan Paspor Biasa

Sebelum bepergian antar negara, paspor sudah barang tentu menjadi salah satu dokumen wajib yang perlu dimiliki.  Saat ini paspor sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni e-paspor dan paspor biasa. 

Anda mungkin penasaran, apa saja kelebihan e-paspor dibandingkan paspor biasa. Nyatanya ada begitu banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan saat memilikinya seperti berikut ini:

Tak Dapat Dipalsukan

E-Paspor memiliki chip yang memuat data-data biometrik dari seseorang meliputi sidik jari hingga bentuk wajah pemiliknya. Data biometrik yang ada di dalamnya sudah sesuai dengan standar International Civil Aviation Organization (ICAO). Oleh karenanya, paspor yang satu ini jauh lebih aman dibandingkan non-elektrik.

Tak Perlu Repot Antri

Berbeda dengan paspor biasa yang bentuknya berupa buku, petugas imigrasi perlu membuka satu persatu halaman untuk memeriksa kesesuaian data. Pada beberapa bandara di Indonesia seperti Jakarta dan Bali, pengunjung bisa langsung menuju autogate untuk pemindaian paspor. 

Setelahnya Anda bisa langsung menunggu di boarding room. Pastinya Anda tak perlu repot antri di pemeriksan imigrasi untuk urusan yang satu ini. 

Kemudahan Pengurusan Visa

Mengacu kepada point pertama dimana data e-paspor sangat mustahil untuk dipalsukan, maka hal ini dapat berdampak kemudahan pengurusan visa. Hal ini juga disebabkan karena data yang tercantum di dalamnya jauh lebih valid dibandingkan dengan yang biasa.

Mendapatkan Bebas Visa

Dengan menjadi pemegang kartu identitas elektronik yang satu ini, Anda berkesempatan mendapatkan bebas visa dari beberapa negara tertentu yang menerapkannya. Seperti salah satunya adalah Jepang.  

Di samping beberapa kelebihannya, nyatanya e-paspor juga memiliki kekurangan. Seperti diantaranya adalah harga kepengurusannya yang bisa mencapai dua kali lipat dari jenis biasa. Selain itu, paspor jenis elektronik hanya bisa diurus pada kantor-kantor imigrasi kelas I yang saat ini hanya berlokasi di Jakarta, Batam, dan Surabaya. 

Baca Juga  Kumpulan Poster Lucu Warnai Aksi Gejayan Memanggil 2

Kekurangan lainnya adalah chip memiliki potensi untuk mengalami kerusakan. Apabila hal ini terjadi, tentu saja Anda akan dibuat kesulitan karenanya. Oleh karena itu, penyimpanan e-paspor harus ekstra lebih hati-hati dibandingkan dengan yang biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *