Tips Menghadapi Hantu di Gunung

Teruntuk teman-teman ku pendaki yang budiman sejatinya kita hidup di dunia ini memang sudah berdampingan dengan makhluk seperti hantu, setan, jin atau apalah segala sebutan lainnya. jadi tidak perlu terlalu berlebihan dalam menghadapi kehadiran mereka.
karena tidak perlu jauh-jauh ke gunung, coba sekarang kamu lihat di sudut kamar mu atau kamar mandi mungkin, mereka juga sudah ada disana jauh sebelum kamu. cuma kita saja yang tidak bisa melihat atau merasakan kehadiran mereka.

Nah, yang ingin aku bagikan kali ini adalah tentang bagaimana seharusnya seorang pendaki menanggapi kehadiran teman-teman kita yang tidak kasatmata ini. langsung masuk tips yang pertama aja lah ya:

1. Jaga Sikap, di gunung itu ada unggah ungguhnya atau sopan santunnya. jangan sembarangan bertindak dan apalagi sampai mengeluarkan kata2 kasar, la wong kalau kamu bertamu diperkotaan saja bisa di usir jika mengolok-olok tuan rumah atau bersikap tidak sopan apalagi di gunung.

2. Berdoa sebelum melakukan pendakian berdoalah untuk kelancaran dan keselamatan lalu selipkan juga doa agar di hindarkan dari gangguan- gangguan ghaib

3. Berpikirlah yang baik, gak usah mikir macem-macem deh pas naik gunung nikmati aja perjalanannya. namun jika perasaan mu memang tidak tenang dan merasakan ada yang kurang beres
coba lah tenangkan pikiran mu dengan kalimat “Kalau mau menunjukkan diri tolong jangan dalam bentuk yang menakutkan” sejauh ini cara tersebut selalu sukses untuk ku

4. Jika kamu seorang indihome (indigo), sebaiknya kamu beritahukan pada salah seorang teman perjalanan yang kamu percayai

5. Ini adalah peraturan tidak tertulis yang harus kamu sepakati dan patuhi, jika kamu “beruntung” bertemu dengan mereka “JANGAN CERITAKAN KETIKA MASIH DI GUNUNG” alasannya simple agar tidak lebih banyak lagi orang yang ketakutan dalam rombongan karena jika itu terjadi pendakian mu bisa berantakan. cobalah untuk tenang jika memang tidak kuat cobalah ceritakan pada satu orang teman mu yang punya mental baja. dia pasti tau apa yang harus dilakukan untuk melindungi kamu dari hal baru kamu alami.

Baca Juga  Perbedaan Mendaki Gunung Siang Hari vs Malam Hari

6. Jangan ngomong sembarangan karena yang jauh lebih berbahaya dari bertemu hantu adalah diisengin seperti beban semakin lama semakin berat, atau muter-muter di tempat yang sama berkali-kali. itu benar-benar jauh lebih bahaya jadi jaga ucapan mu selama pendakian

7. Jangan Sombong gak perlu sok kuat, sok paling berani apalagi sampai menantang kehadiran mereka. bayangin aja orang seperti itu di mata manusia lainnya aja sikapnya udah benar-benar bikin jengkel. jangan sampe deh yang ngingetin sikap sombong itu penghuni gunung.

8. Ketahuilah mitos-mitos gunung setempat. jangan meremehkan sebuah mitos, sebab sebuah mitos muncul pasti karena terjadi sesuatu di jaman dulunya.
Seperti tidak boleh menggunakan baju warna hijau. Ikutin aja mitos tersebut. Bukan mau ngajarin musrik, tapi apa salahnya menghormati adat setempat. Toh apa susahnya sih tidak pakai baju warna hijau ketika mendaki ?

segitu dulu aja yak
pesan ku karena kamu itu seorang pendaki gunung bukan pemburu hantu atau dukun jadi tidak perlu di cari-cari kehadiran teman-teman kita itu apalagi sampe ditantangin.

salam lestari

One Comment on “Tips Menghadapi Hantu di Gunung”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *