Tips Memilih Outfit Untuk Mendaki Gunung

Tips memilih outfit untuk mendaki gunung.
A THREAD

Mendaki gunung itu sebuah aktivitas yang berbahaya. Safety first, wajib, fardhu ain hukumnya kalau mau selamat, aman dan nyaman selama mendaki gunung.
Menurut pengalaman ku sejauh ini ada 2 hal yang perlu benar2 di perhatikan ketika memilih pakaian (baju) untuk mendaki gunung. Pertama Bahan, Kedua Layering. untuk baju/kaos yang sering banget kita temui itu biasanya berbahan katun sebenarnya bahan katun cukup nyaman untuk mendaki tapi kalau sudah basah bakal jadi dingin banget, makanya diakali dengan sistem Layering seperti ini

sumber : outdoorgearlab.com

jadi lapisan pertamanya pake Baselayer dengan bahan poliester atau acrylic baru di lapisi lagi dengan kaos terus terakhir jaket untuk menghalau angin dan air.
Nah sekarang turun ke celana. aku gak bakal bosen buat mengingatkan bahwa “naik gunung pake celana Jeans itu berbahaya” Kesalahan yang paling mendasar yang bahkan masih sering dilakukan pendaki gunung berpengalaman sekalipun.
Bahan ini memang nampak kuat dan praktis, tetapi di balik itu dia (Jeans) menyimpan sebuah ancaman. ketika basah, dia akan sulit sekali kering dan itu mengakibatkan kamu kehilangan panas tubuh dgn cepat, kalau mau di lepas dan disimpan pun dia bakal jadi beban yang cukup berat
Perubahan cuaca di gunung itu sulit diprediksi, sebaiknya carilah celana khusus untuk mendaki gunung dengan bahan polyester atau katun dry fit. udah banyak kok produk lokal yang bagus2 kayak Consina atau Cozmeed yang harganya tidak terlalu mahal.
Terakhir sepatu nih. sampai hari ini memang aku belum pernah menemukan kasus kecelakaan hingga mengakibatkan kematian karena menggunakan alas kaki yang salah ketika mendaki. tapi apa ya harus ada contoh seperti itu baru mau safety ?
“MENDAKI GUNUNG” dari nama kegiatannya saja kita sudah bisa menyimpulkan bahwa kekuatan kaki adalah faktor paling dominan yang menentukan kesuksesan sebuah pendakian. bicara soal sepatu kita juga gak bisa asal-asal memilih sepatu, setiap sepatu didesain sesuai kebutuhannya
seperti sepatu gunung yg dibuat dengan sol karet yang berbentuk kembang dengan tujuan agar kita bisa mantap dan tidak licin ketika melangkah di medan yang berbatu atau tanah basah.
Dan untuk penutup karena sejatinya di dunia ini tidak ada yang absolute, kita tidak bisa menilai penduduk lokal atau porter lokal yang naik turun gunung dengan santal jepit bahkan ada yang “nyeker” itu tidak safety karena jelas sekali mereka pasti punya analisis dan teknis khusus yang tidak bisa kita samakan analisisnya dengan kita yang orang umum. dah ya semoga bermanfaat, kalau mau dikritik atau ditambahin mungkin juga boleh.

Baca Juga  Tips Mendaki Gunung Saat Musim Hujan Infografis

Salam Lestari


One Comment on “Tips Memilih Outfit Untuk Mendaki Gunung”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *