Tips Berlindung dari Sambaran Petir Bagi Para Pendaki

Musim hujan telah tiba, pilihan terbaik adalah tidak mendaki gunung sama sekali tapi jika terpaksa mendaki kamu harus baca tips berikut :

Cara terbaik menghindari sambaran petir saat mendaki adalah tidak mendaki sama sekali namun jika terpaksa mendaki memeriksa ramalan cuaca merupakan upaya pencegahan paling awal yang bisa kamu lakukan, hindari waktu mendaki jika kamu mendeteksi cuaca buruk yang disertai petir.

Jika cuaca mulai tidak bersahabat mulai lah mencari tempat berlindung seperti pondok, pos atau shaler, liang, cerukan atau gua. jika perlu kamu bergulinglah ke dataran rendah untuk menghindari sambaran petir.

Tinggalkan barang-barang yang berisi benda logam, segera lepas dan tinggalkan untuk sementara benda yang berbahan logam yang menempel pada tubuh dengan jarak kurang lebih 100 kaki dari posisi kamu.

Mematikan alat-alat yang memancarkan atau menerima gelombang seperti telepon seluler, HT (Handy Talky), GPS atau radio. Gelombang yang dipancarkan peralatan ini bisa memancing petir untuk menyambar.

Baca Juga  Tips Mendaki Gunung Saat Musim Hujan dari Pesagi Outdoor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *