Sejumlah Kebiasaan yang Perlu Dihindari Saat Berada di Turki

Tak bisa dipungkiri negara Turki memang memiliki sejuta daya tarik yang berkaitan erat dengan sejarah peradabannya. Oleh karenanya, tak heran jika negara ini setiap tahunnya selalu ramai dikunjungi banyak wisatawan dari seluruh dunia. Akan tetapi sebelum memutuskan untuk berlibur ke sana, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal yang perlu dihindari selama berada di sana.

Sembarangan Mengambil Foto Orang Lain

Ada kalanya Anda mungkin ingin menjepret suasana kehidupan di negara lain dengan membidikan kamera pada orang-orang yang ada di sekitarnya. Namun begitu hal ini akan dianggap sebagai perilaku tidak sopan, terutama jika mengambil foto orang tua, orang yang sedang ibadah, wanita berhijab, dan tempat-tempat militer.

Menawarkan Makan atau Minum

Menawarkan makan dan minum adalah kebiasaan ramah tamah yang lumrah di Indonesia. Akan tetapi, tidak halnya dengan orang-orang di Negeri Kebab ini. Hal ini dianggap bisa menyebabkan ketersinggungan, karena dikhawatirkan mereka yang ditawarkan sedang melakukan ibadah puasa.

Membatalkan Kesepakatan Jual Beli

Anda mungkin terbiasa melakukan kesepakatan tawar menawar saat sedang membeli suatu barang. Di Turki, hal ini memang sah-sah saja untuk dilakukan. 

Namun yang perlu menjadi catatan, jangan sekali-sekali membatalkan kesepakatan jual beli yang sudah terjadi. Hal ini akan dianggap sebagai perlakuan tak sopan dan sangat menyinggung.

Bicara dan Duduk di Sebelah Wanita Muda

Hindari untuk duduk di sebelah wanita muda di Turki sambil berbicara dengannya. Anda akan dianggap tidak menghormati mereka. Namun, hal ini hanya berlaku jika Anda adalah wisatawan pria.

Mengisyaratkan “Ok” dengan Jari

Anda mungkin memiliki kebiasaan mengisyaratkan kata “Oke” dengan melingkarkan jari telunjuk dengan jempol Anda. Akan tetapi, hal ini sebaiknya dihindari di Turki karena dianggap sangat tidak sopan.

Baca Juga  5 Lagu Paling Enak di Bawa Naik Gunung

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda hindari ketika sedang berkunjung ke negara asal sinetron Elif tersebut. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan untuk mengenakan pakaian yang tidak terlalu terbuka dan memperlihatkan tubuh. Terutama jika Anda hendak masuk ke area masjid, seperti salah satunya adalah Blue Mosque.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *