Posisi yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Mendaki Gunung

Kemarin aku abis bikin mainan : coba aku pengen tahu posisi mu ketika mendaki Replay dengan hasil capture-mu ya siapa tahu cocok di Twitter

Jadi selain bermain capture- capturean aku harap teman-teman juga jadi tahu ya posisi-posisi yang di perlukan dalam sebuah pendakian. Biar bisa saling tolong, saling bantu untuk pendakian yang lebih aman dan nyaman.

mimin jelasin dikit ya, jadi untuk posisi leader itu tidak melulu harus di depan, seorang leader memiliki tugas untuk memutuskan berbagai kondisi di lapangan. dia harus punya kemampuan yang baik dalam berpikir cepat dan memutuskan suatu masalah.

nah buat posisi Navigator dia memiliki tugas menunjukkan arah yang benar. Posisi navigator selalu didepan dan berjalan lebih cepat dari anggota lain. Sang navigator harus memiliki pemahaman yang baik terhadap jalur, punya ingatan yang kuat, dan stamina yang bagus.

dia adalah anggota yang tidak memiliki tugas wajib. tapi harus tetap sigap untuk membantu anggota lain. Posisi berjalanannya tidak menentu dan boleh dimana saja asal masih didepan sweeper.

anggota yang satu ini punya peran vital dalam sebuah pendakian, perbekalan utama yg harus dia bawa adalah peralatan medis dan obat2an. dia harus punya pemahaman yang baik tentang pertolongan pertama pada kecelakaan di gunung.

dia bertugas mendokumentasikan sebuah perjalanan. anggota yang satu ini perannya penting tidak penting sebenarnya tapi perlu rasanya menaruh posisi ini untuk diperhatikan karena mimin punya pengalaman kurang enak ketika mendaki dan semua rombongan bertindak sebagai tukang foto

Baca Juga  Mengenal Jancukan, tanaman dari Argopuro yang dihindari pendaki

Chef bertugas untuk mengisi perut2 lapar semua tim tanpa terkecuali, jangan pernah anggap sepele posisi ini karena seorang chef harus punya management logistik yang baik dan harus siap sibuk memasak ketika anggota tim lain sedang bersantai

posisi tukang angkut ini sebenarnya bukan porter ya tapi tepat ke posisi logistik perannya sangat penting untuk perjalanan2 panjang, dia bertugas untuk membawa logistik selama pendakian & harus mengatur sedemikian rupa agar logistik yang dibawa cukup selama pendakian berlangsung.

nah terakhir Sweeper yang memang selalu berjalan terakhir bertugas untuk memastikan tidak ada yang tertinggal baik itu barang atau anggota kelompok mendaki.
Sweeper selalu berada dibarisan paling belakang untuk melaksanakan tugasnya. Seorang sweeper harus memiliki mental baja karena ditinggal pun ia masih tetap tenang.

Nah kurang lebih begitu lah yang bisa mimin jelaskan soal posisi2 dalam sebuah pendakian. semoga dengan mengatahuinya temen2 bisa punya pendakian lebih aman dan nyaman. Salam Lestari !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *