Perbedaan Mendaki Gunung Siang Hari vs Malam Hari

perbedaan mendaki gunung siang hari dan malam hari adalah kalau mendaki siang ya terang, kalau malam ya gelap.
HAHAHAHA (becanda :D)

yok lah lanjut !
Beberapa waktu yang lalu aku dapet pertanyaan di DM
“kenapa lebih memilih mendaki gunung saat siang hari ketimbang malam hari ?”
“apa resiko mendaki saat malam hari ?”
nah buat manteman yang kemaren sempat nanya aku jawab disini aja yaak

Ternyata bukan cuma netizen yang terpecah menjadi dua kubu, antara bubur diaduk vs bubur tidak diaduk. di dunia pendakian pun begitu, ternyata pendaki juga terbagi menjadi dua kubu, antara mereka yang gemar mendaki saat siang hari vs mendaki saat malam hari.

mari kita bahas satu-satu,
aku mulai dari mendaki saat malam hari
aku sendiri bukan berada di tim ini dan tidak merekomendasikan manteman ada di tim ini

apa sih enaknya naik gunung saat malam hari ?

  1. karena matahari sedang dibelahan dunia lain. maka mendaki saat malam hari itu pasti jadi lebih adem ketimbang mendaki saat siang hari.
  2. sebagian orang mengaku tidak mudah lelah ketika mendaki saat malam hari. hal tersebut karena memang panas saat siang hari benar-benar menguras stamina, selain itu jika mendaki saat malam hari itu mengaburkan tanjakan2 seram yang biasanya bikin mental drop duluan

padahal enak gitu kenapa gak direkomendasikan ?
waits tunggu dulu dibalik itu semua mendaki saat malam hari itu

  1. BAHAYA
    Tanjakan yang tidak terlihat itu memang membuat perjalanan jadi lebih ringan tapi hal tersebuat harus dibayar dengan kehilangan penglihatan atas aman atau tidaknya jalur yang kita lalui Berbedaannya bakalan terasa banget ketika kita melewati lokasi yang sama, tapi pas siang-siang
    kamu pasti bakal mbatin “untung semalem gak kenapa2 lewat jalur kayak gini malem2”
  2. beberapa gunung menerapkan aturan untuk tidak melakukan aktivitas pendakian pada saat malam hari. seperti Gunung Argopuro yang merupakan taman margasatwa, jika kamu nekat mendaki pada saat malam hari ya siap-siap saja ketemu macam atau hewan2 lain yang berada di puncak rantai makanan
  3. masih inget pelajar SMP/SMA dulu ?
    pada saat malam hari pepohonan itu mengeluarkan karbondioksida (CO2) dan menyerap Oksigen (O2). dan mendaki gunung itu pastilah melewati hutan yang notabene penuh dengan pepohonan, maka ketika kamu mendaki
    saat malam hari kamu harus siap berebut oksigen dengan pepohonan yang jumlahnya ribuan itu, belum lagi kalau kamu
    mendaki dalam rombongan besar, bah pasti bakal cepet banget “engap”.
  4. harus siap bertemu manteman tak kasat mata, kalau kamu terpaksa mendaki saat malam hari untuk mengatasi poin no 4 ini
    kamu bisa baca thread : Tips Menghadapi Hantu di Gunung
Baca Juga  Kuliner Musim Dingin di Jepang yang Wajib Dicoba

sekarang kita lanjut ke mendaki saat siang hari
aku sendiri berada di tim ini dan benar-benar berusaha menghindari mendaki saat malam jadi jelas aku bakal merekomendasikan teman-teman untuk mendaki di siang hari saja.

apa enaknya mendaki siang hari ?

  1. Jalur pendakian terlihat jelas dan terang benderang. kamu bisa melihat jika ada jurang yang curam, lubang di jalur yang bisa membuat mu terpleset, akar pohon yang bisa membuat mu tersandung atau bahkan batu yang menggelinding. yak semua bisa kamu perhatikan dengan jelas dan hindari dengan baik jika mendaki saat siang hari.
  2. tak perlu rebutan oksigen. (titik)
  3. manteman tak kasat mata kita lagi tidur. pun kalau apes tetap liat setan siang bolong pasti jauh lebih mendingan ketimbang ketemu pas malem2
  4. pemandangan indah terhampar luas sepanjang jalan,
    Tuhan memang pencipta yang luar biasa selain pemandangan alam yang terhampar luas di gunung kamu juga
    bakal menemui ciptaan-Nya yang ganteng2 dan cantik2 jika mendaki saat siang hari.
  5. karena pada dasarnya tubuh manusia sudah terbiasa dengan beraktivitas saat siang hari dan tidur pada malam hari, maka jika kamu mendaki saat siang hari kamu hanya perlu berdamai dengan lelah berbeda dengan mendaki saat malam hari kamu juga harus berdamai dengan rasa kantuk.

terakhir senyaman-nyamannya mendaki di malam hari, tetap lebih aman mendaki di siang hari.

cukup sekian dari ku, kolom replay terbuka untuk manteman yang mau nambahin.

SALAM LESTARI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *