Panduan Menjadi Pendaki Budiman

Jadilah pendaki yang baik dan tahu bagaimana semestinya berperilaku sebagai seorang pendaki, mau tahu caranya ? simak sampai abis ya

Saat Melakukan Persiapan Sebelum Mendaki
Seorang pendaki budiman harus tahu apa yang dia perlukan selama mendaki dan mempersiapkannya dengan baik sebelum mendaki.

Saat Berada di Base camp
Seorang pendaki yang baik harus melengkapi semua surat izin mendakinya dan mendaftar secara resmi sebelum melakukan pendakian.

Saat Berbicara
Seorang pendaki budiman harus tahu bagaimana cara berbicara yang baik di gunung, selain tidak mengumpat dan berkata-kata kasar seorang pendaki yang baik juga tidak akan bicara dengan suara keras jika bukan dalam situasi yang mendesak.

Saat Bertemu Dengan Sesama Pendaki
Sebagai sesama pendaki kita sama-sama tahu betapa lelahnya melahap sebuah tanjakan maka saling memberi semangat adalah salah satu sikap seorang pendaki yang budiman.

Saat Ingin Buang Air
Seorang Pendaki budiman tahu etika, carilah tempat yang jauh dari jalur pendakian jika ingin buang air dan yang kamu tinggalkan hanya kotoran saja bukan tisunya ya.

Saat Membangun Tenda
Seorang pendaki yang baik tidak akan membangun tenda di tengah jalur pendakian meskipun tempatnya datar karena akan sangat mengganggu pendaki lain dan pendaki yang baik harus tahu dimana tempat yg terlindung dari hantaman badai dan tidak tergenang ketika hujan turun.

Saat Memasak di Gunung
Seorang pendakibudiman pasti memperhatikan benar asupan makanannya, pilihlah makanan yang mudah dan tepat untuk dimasak. jangan pelit tawarkan juga masakan mu ke tetangga tenda yang mungkin masakannya belum siap.

Saat Mengelola Sampah
Seorang pendakibudiman akan memisahkan mana sampah yang bisa terurai dan tidak lalu membuat lubang yang cukup dalam untuk membuang sampah terurainya lalu mengepak sampah tidak terurainya dengan baik di dalam tas untuk dibawa turun.

Baca Juga  Tips Menghadapi Hantu di Gunung

Saat Melanjutkan Perjalanan ke Puncak
Seorang pendakibudiman akan mematuhi aturan yang dibuat pengelola, menekan ego dengan mematuhi batas akhir pendakian adalah sikap seorang bijak karena sesungguhnya puncak ada di pulang tempat mu nanti menceritakan pendakian mu.

Saat Berada di Sumber Air
Seorang pendakibudiman akan mengambil air untuk kebutuhannya dan tidak mengotori sumber air tersebut apalagi buang air atau mencuci alat makan di sumber air.

Saat Sakit
Seorang pendakibudiman harus paham betul kondisi tubuhnya sendiri dan mempersiapkan obat-obat pribadinya dan tidak gengsi untuk minta tolong jika keadaan darurat.

Saat Menolong Pendaki Lain
Seorang pendaki budiman haruslah memastikan kondisinya aman terlebih dahulu sebelum menolong rekannya. Tidak jadi sok pahlawan, manfaatkan semua potensi yang ada dan
tetap berpikir jernih dalam keadaan genting.

Saat Melakukan Pendakian
Seorang pendaki budiman tidak akan melakukan perjalanan yang membahayakan dirinya dan rombongan seperti memilih jalur yang tidak resmi atau bergandengan tangan selama pendakian karena selain membahayakan perilaku itu memancing para pendaki jomblo berkata kasar.

Saat Memutar Musik
tidak memutar musik kencang-kencang karena akan mengganggu penghuni hutan, kalau mau denger musik kenceng-kenceng ayo kita ke nikahan mantan saja.

Saat Ingat Mantan
Jangan Nangis…. Tahan Ini Ujian wkwk

HANYA ADA SATU KATA : NIKAHI !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *