Menghindari Tourist Trap Saat Jalan-jalan ke Luar Negeri

Anda mungkin pernah mendengar istilah tourist trap yang kerap menimpa sejumlah pelancong luar negeri. Tourist trap pada dasarnya adalah kerugian ekonomi yang dialami oleh turis akibat ulah sejumlah oknum. 

Hal ini ini tentunya bisa sangat merugikan Anda. Untuk itu simak beberapa kiat berikut ini untuk mencegah kejadian tak diinginkan tersebut:

Menggali Informasi Destinasi Tujuan

Sebelum berkunjung ke suatu negara, ada baiknya Anda menggali informasi terlebih dahulu tentang reputasi tempat-tempat wisata yang ada di dalamnya. Mesir adalah salah satu contoh negara yang terkenal dengan jebakan turisnya.

Hati-hati dengan Transportasi Setempat

Berhati-hatilah dengan oknum pengendara seperti supir taksi yang mengajak Anda berputar-putar agar tempat yang dituju terasa seperti jauh. Agar tak tertipu sebaiknya pelajarilah rute yang hendak dituju.

Tidak Berpenampilan Mencolok

Hindari berpenampilan mencolok yang menunjukan bahwa Anda adalah seorang turis berkantong tebal. Sebaliknya, cobalah tampil sederhana agar seolah-olah Anda memang sudah terbiasa berbaur dengan penduduk sekitar.

Hindari Calo dan Tergiur Promo Murah

Meskipun antrian ke obyek wisata yang Anda impikan terlihat mengular, ada baiknya Anda tak tergoda dengan tiket yang dijual oleh calo. Jangan biarkan juga diri Anda tergiur dengan promo-promo tur menarik. Sebab bisa saja harga yang dipatok lebih mahal berkali-kali lipat dari harga seharusnya.

Menanyakan Terlebih Dahulu Harga Makanan

Ada begitu banyak penjual makanan yang tidak mencantumkan harga dagangan mereka. Oleh karena itu, jangan pernah ragu untuk menanyakan harganya terlebih dahulu sebelum memesan. 

Tidak Berbelanja di Toko Souvenir

Sebagai turis asing, wajar saja jika Anda tertarik untuk membeli aneka souvenir sebagai buah tangan. Namun begitu, ada baiknya Anda membeli barang-barang tersebut di sejumlah pasar tradisional orang lokal. Selain beberapa hal di atas, usahakan untuk menukarkan uang di money changer bandara karena biasanya nilai tukarnya jauh lebih rendah. Untuk masalah akomodasi, pilihlah penginapan yang memiliki reputasi terpercaya. Tetaplah waspada dan menjaga sikap selama berada di negara asing agar Anda terhindari dari hal-hal yang tak diinginkan.

Baca Juga  Karena Hidup Tidak Melulu Soal 8 Jam Kerja, Kamu Harus Melakukan Hal-Hal Ini Agar Masa Mudamu Lebih Berwarna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *