Mengenal Sherpa, orang-orang yang memiliki ketangguhan melebihi para penakluk Everest.

Mengenal sherpa, orang-orang yang memiliki ketangguhan melebihi para penakluk Everest.

A THREAD

Sherpa sebenarnya adalah nama suku di Nepal dan Tibet yang sudah mendiami Everest selama ratusan tahun.
Namun semenjak berkembangnya industri pariwisata Everest kata Sherpa mendapat sedikit perbedaan makna kata Sherpa berarti suku dan kata sherpa (dengan huruf s kecil) yang berarti porter.

Tugas seorang sherpa tidak hanya untuk membawa barang-barang para mendaki yang ingin menjejakan kakinya ke puncak Everest
seorang sherpa akan bertindak sebagai pemandu yang multifungsi. Mereka mendirikan kemah, memastikan rute pendakian aman, memasang tali-temali hingga
memastikan minuman di pos pemberhentian cukup hangat untuk diminum pendaki

Suku Sherpa Memiliki Daya Tahan Tubuh yang Kuat,
Ribuan tahun hidup di dataran tinggi Himalaya membuat mereka mampu bertahan di ketinggian ekstrem dengan oksigen yang tipis.
Mereka mampu turun dari puncak hingga ketinggian 2.000 meter hanya dalam waktu dua jam sudah termasuk istirahat sedangkan pendaki biasa butuh waktu setengah hari lebih

Sebuah penelitian membuktikan bahwa struktur sel tubuh suku Sherpa emang beda dari kebanyakan orang.
mitokondria, sel mahluk hidup yang berfungsi sebagai tempat berlangsungnya sistem pernafasan sekaligus menghasilkan energi milik kaum sherpa lebih efisien dalam menggunakan oksigen. Jika orang normal berada di ketinggian, darah mereka akan mengalir lebih pelan. Namun pada kaum Sherpa, aliran darah mereka tetap lancar.

Namun dengan keunggulan seperti itu tidak berarti seorang sherpa terhindar dari risiko kematian. tercatat hingga 2014 saja sudah ada 174 orang Sherpa meninggal dalam pendakian.

Kami Rita seorang sherpa berusia 49 tahun orang pertama yang mencapai puncak Gunung Everest terbanyak sepanjang sejarah. Kami Rita sudah mendaki puncak Gunung Everest untuk kali ke-24.

Baca Juga  Ini Dia Kelebihan yang Didapat Jika Memiliki Asuransi Perjalanan
View this post on Instagram

My 24th summit Everest 2019 05 21

A post shared by Kami Rita Sherpa (@kamiritasherpa) on

Sir Edmund Hillary orang pertama yang mencapai puncak Everest itu pun ditemani seorang sherpa bernama Tenzing Norgay.
Tenzing Norgay pun menjadi Sherpa pertama yang berhasil mencapai puncak Everest pada tahun 1953 yang memandu Sir Edmund Hillary.

Sumber Foto: Wikimedia Commons

jadi sudah selayaknya jika seorang Sherpa mendapat penghormatan tertinggi untuk jasanya menemani para pendaki yang menjejakan kaki ke puncak tertinggi dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *