Megahnya Katedral Saint Sophia di Harbin

Harbin memang kondang sebagai tempat wisata musim dingin. Namun, sebenarnya tak perlu menunggu musim dingin tiba untuk melihat kemolekan Ibu Kota Provinsi Heilongjiang di China Utara itu. Di kota ini juga terdapat bangunan bersejarah dengan arsitektur yang begitu megah, yaitu Katedral Saint Sophia. Apa keunikan dan seperti apa kemegahan katedral yang menjadi ikon kota Harbin tersebut? Berikut ulasannya. 

Katedral Saint Sophia merupakan salah satu peninggalan sejarah di China yang dipengaruhi budaya Rusia. Pengaruh ini bisa dipahami mengingat Harbin berbatasan dengan Negeri Beruang Putih tersebut. Gereja yang dikenal dengan nama Sheng Soufeiya Jiaotang dalam bahasa lokal tersebut dibangun dengan arsitektur bergaya Neo Byzantium. Bangunannya pun memiliki kemiripan dengan nuansa kawasan Red Square di Moskow, Rusia. 

www.pexels.com

Dari depan, katedral ini memiliki kubah besar berwarna hijau yang membulat. Bentuk ini memberikan kesan kokoh sekaligus megah. Penampakan katedral ini kian sempurna dengan 4 menara berbentuk kotak yang dibuat lebih rendah di sekitar kubah.

Gereja yang ini dibangun pertama kali pada 1907 ini, memiliki 7 lonceng. Masing-masing lonceng memiliki ukuran dan tingkat dentangan suara yang berbeda-beda. Lonceng terbesar dibuat dari logam dan memiliki diameter 1.425 meter serta berbobot 1,8 ton. 

Tidak saja menawan dari sisi eksteriornya, katedral  itu pun interiornya begitu indah. Bagian dalamnya tampak begitu nyeni dengan gambar mural. Meski diantara gambar mural tersebut sudah banyak yang rusak, tetapi sama sekali tak mengurangi eksotisme katedral ini. Sebaliknya, lunturnya gambar mural tersebut oleh waktu dan perang di zaman dulu memberikan petunjuk bahwa peradaban masyarakat kala itu begitu maju. Mereka tak hanya sukses membuat bangunan dengan arsitektur megah, melainkan juga berupaya menyampampaikan pesan kehidupan lewat gambar mural. 

Baca Juga  Kutipan Seputar Alam, yang Bisa Kamu Jadikan Caption Instagram

Penasaran seperti apa keindahan yang sesungguhnya dari Katedral Saint Sophia? Segera masukkan Harbin sebagai destinasi wisata ke luar negeri tahun ini dan jelajahi keindahan katedral yang beralamat di Jalan Toulong no 88, Distrik Daoli, kota Harbin tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *