Kuliner Musim Dingin di Jepang yang Wajib Dicoba

Musim dingin tengah menjelang di Jepang. Nah, bagi Anda yang berencana liburan musim dingin di Negeri Sakura, ada baiknya tak hanya fokus pada destinasi wisatanya saja. Akan tetapi, cobalah pula untuk mencicip aneka kuliner musim dingin yang menggugah selera. Wah… apa saja kira-kira kuliner  musim dingin di Jepang, berikut beberapa nama dan ulasan singkatnya. 

Yakiimo

Yakiimo adalah ubi bakar yang dijual di pinggir jalan dengan menggunakan truk. Ubi bakar memang sajian populer di musim dingin, tidak hanya di Jepang, tetapi juga di negara-negara Asia Timur lainnya.  

Tori Zosui

1tess.files.wordpress.com

Makanan ini serupa dengan bubur ayam di Indonesia. Bedanya, Tori Zosui dimasak bersamaan dengan kaldu ayam, sehingga rasa dan aroma ayamnya lebih terasa. Selain menggunakan kaldu ayam, orang Jepang juga kerap menggunakan kaldu  dashi yang berasal dari rumput laut untuk membuat makanan ini. Sementara itu, penyajian makanan ini biasanya dibubuhi dengan potongan daging ayam dan daun bawang di atasnya. 

Oden

Orang Jepang dikenal menggemari ikan. Tak heran jika begitu banyak sajian ebrbahan ikan di setiap musimnya, termasuk di musim dingin. Salah satu kuliner musim dingin di Jepang yang berbahan ikan adalah Oden. Pada dasarnya Oden adalah fish cake rebus yang kerap disajikan dengan toppung sayuran dan daging. Untuk merebus Oden, digunakan kaldu dashi dicampur kecap Jepang. Namun, ada pula yang menggunakan kaldu dari daging sapi.

Ramen

Makanan ini tentu sudah sangat familiar bukan di telinga Anda. Ya, ramen adalah salah satu makanan Jepang yang banyak dijumpai di Indonesia. Ramen sendiri sebneranya adal mie dengan kuah ala Jepang yang dipadukan dengan berbagai topping. Meski banyak dijumpai di Indonesia dan bisa disantap kapan saja, tetapi merasakannya langsung di Negeri Matahari Terbit saat musim dingin, tentu akan menyisakan pengalaman yang berbeda. 

Baca Juga  5 Lagu Paling Enak di Bawa Naik Gunung

Yudofu

www.japancentre.com

Dingin-dingin paling enak menyantap makanan hangat berkuah. Nah, saat liburan musim dingin di Jepang, cobalah menyantap Yudofu, yaitu sup berbahan dasar tofu lembut alat Jepang yang direbus bersama dengan jamur, wortel atau sayuran lainnya. Kuahnya yang berasal dari susu kedelai memberikan aroma dan rasa yang unik. Demikian 5 kuliner musim dingin di Jepang yang bisa Anda coba saat bertandang ke negara asal pabrikan elektronik Sharp itu. Hmmm… Anda mau coba yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *