Kota-Kota di Dunia dengan Transportasi Publik Terbaik

Anda suka naik kendaraan umum? Hampir sebagian dari kita pasti menjawab tidak. Bukan hal yang mengejutkan memang. Buruknya sistem transportasi publik di Indonesia membuat mayoritas enggan naik transportasi umum. Akibatnya, kemacetan pun tak terhindarkan karena membludaknya kendaraan pribadi. Fenomena ini coba diatasi pemerintah dengan memperbaiki sistem transportasi masal, seperti yang dilakukan di Jakarta misalnya dengan peluncuran MRT baru-baru ini. Kontras dengan di Tanah Air, beberapa kota di dunia berikut ini memiliki sistem transportasi publik yang terbaik. 

Shanghai

Tak dipungkiri Shanghai adalah kota yang super sibuk dan padat. Mengatasi mobilitas penduduknya yang tinggi, pemerintah setempat merilis kereta cepat Shanghai Metro pada 1993 lalu. Hingga kini kereta cepat itu terus mendapatkan peningkatan fasilitas dan semakin mumpuni. Tak kurang dari 9 juta penumpang bahkan menembus 12 juta orang  di jam sibuk tercatat naik kereta tersebut saben harinya. 

London

Kondang dengan bus double decker, Ibu Kota Inggris ini nyatanya juga memiliki sistem transportasi publik lain yang tak kalah canggih,yaitu kereta bawah tanah (London Underground). 

Singapura

Tak perlu jauh bertandang ke Inggris sekedar untuk melihat canggihnya sistem transportasi masal. Di Singapura, Anda juga bisa menyaksikan berbagai transportasi umum yang modern, bersih dan cepat. Berbeda dengan Jakarta yang ‘baru memulai’ MRT, Negeri Singa sudah berkenalan dengan MRT sejak 1987 silam. 

Madrid

Beranjak dari surga belanja Asia Tengngara, kita terbang ke Madrid. Ibu Kota Spanyol itu terkenal dengan jalur keretanya yang panjang. Tak tanggung-tanggung, panjang jalur kereta tersebut mencapai 294 km. Menariknya, kereta tersebut juga ramah bagi kaum disabilitas juga manula. Di Madrid Metro bahkan sedikitnya terdapat 1,000 eskalator tersedia. 

Baca Juga  5 Lagu Paling Enak di Bawa Naik Gunung

Tokyo

Dari Negeri Matador, kita bergeser ke Jepang. Tokyo termasuk kota termaju di Asia. Tak ada yang meragukan kecanggihan kereta api di kota ini. Selain bersih, rapi dan bagus, kereta api cepat di Tokyo juga dikenal sangan on time. Di kota ini terdapat 102 jalur kereta api yang setiap tahunnya mengangkut hingga miliaran penumpang. 

Wah—wah, kapan ya kira-kira Indonesia bisa memiliki sistem transportasi secepat dan secanggih kota-kota tersebut ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *