Ketahui Jenis-jenis Vaksin Penting Sebelum Melancong ke Sejumlah Negara

Sebelum berkunjung ke negara lain, alangkah baiknya jika Anda melakukan antisipasi untuk mencegah penularan wabah penyakit dan virus dari negara setempat. Ada banyak hal yang menjadi alasan mengapa Anda harus melakukan vaksin sebelum bepergian ke negara-negara tertentu. 

Beberapa diantaranya didukung faktor perubahan suhu dan iklim, jenis makanan, hingga sanitasi di negara setempat. Oleh karena itu, kenali sejumlah jenis vaksin yang populer dilakukan oleh para traveler sebelum berangkat melancong.

Hepatitis A dan B

Vaksinasi ini biasanya dilakukan sebelum berangkat ke beberapa negara berkembang atau negara-negara yang memang positif terjangkit endemis yang satu ini. Negara-negara tersebut diantaranya adalah Amerika Selatan, Asia Tengah, Asia Tenggara, serta sejumlah negara di Afrika. Hepatitis sendiri merupakan penyakit yang bisa menginfeksi liver dengan resiko penularan melalui makanan, minuman, hingga hubungan seksual.

Yellow Fever

Sebelum Anda memutuskan berangkat ke wilayah Amerika Selatan atau beberapa negara Afrika seperti Sudan, Nigeria, dan Ethiopia, ada baiknya untuk melakukan jenis vaksinasi yang satu ini. Penyakit ini disebabkan oleh virus Flavivirus yang ditularkan oleh nyamuk aedes dan hemogogus.

Japanese Encephalitis

Jenis virus ini biasanya banyak terjadi di daerah-daerah seperti Nepal, Pakistan, Bangladesh, China, dan Vietnam. Virus ini dapat menyebabkan infeksi pada otak.

Meningtis

Virus ini menyebabkan penderitanya mengalami pembengkakan pada selaput otak dan sumsum tulang belakang. Jenis vaksinasi ini biasanya dipersyaratkan bagi mereka yang hendak pergi umrah atau haji, serta mereka yang hendak melancong ke negara-negara wilayah sub-sahara Afrika.

Influenza

Virus yang satu ini adalah yang paling umum menyerang banyak orang dan bisa menyebar lewat udara. Oleh karenanya, virus influenza kerap dilakukan bagi mereka yang hendak bepergian ke negara-negara tertentu, terutama yang memiliki tipe iklim berbeda dari negara asal.

Baca Juga  Menu Makan di Gunung, Jagung Keju Susu

Beberapa vaksinasi lainnya yang juga cukup populer dilakukan antara lain adalah polio dan demam tifoid, terutama bagi mereka yang hendak melakukan kunjungan ke wilayah Afrika. Sebelum memutuskan untuk melakukan vaksinasi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu hal tersebut dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *