Kemegahan Pagoda Tran Quoc di Vietnam

Thailand memang terkenal dengan banyak kuil dan pagoda. Bangunan bercorak budaya dan religi tersebut pun nyatanya menjadi daya pikat tersendiri pariwisata di Negeri Gajah Putih. Namun, tahukan Anda jika ada negara lain di Asia Tenggara yang juga kondang dengan pagoda-nya. Negara yang dimaksud adalah Vietnam yang memiliki Pagoda Tran Quoc. Meski usianya tak lagi muda, pagoda ini masih memancarkan kemegahannya. Berikut ulasan selengkapnya. 

Pagoda ini pertama kali dibangun pada pada Kaisar Ly Nam Dee pada tahun 544-548 M di tepi Sungai Merah. Lalu, pagoda tersebut dipindah ke pulau kecil bernama Kim Ngu  atau pulau Golden Fish pada 1615. Pulau tersebut terletak di sebelah selatan Danau Ho Tay, danau terbesar di Vietnam. Berkat posisinya tersebut, suasana pagoda pun lebih asri dan menenangkan, sehingga cocok untuk berdoa. 

Beranjak ke sisi bangunannya. Pagoda Tran Quoc dibangun dengan arstektur China yang begitu kental. Material batu bata merah tampak mendominasi badan pagoda. Demikian pula dengan warna kuning yang terlihat menghiasi banyak bagian di kuil tersebut. 

Meski sudah ratusan tahun usianya, pagoda ini masih kokoh bediri. Hebatnya lagi, 11 lantainya masih tampak berdiri dengan megahnya. Masing-masing lantainya dihias dengan patung Buddha yang duduk di atas bunga teratai. Bunga teratai digunakan bukan tanpa alasan, melainkan lantaran bunga cantik itu sebagai lambang kemurnian dan pencerahan. 

Di masa lalu, pagoda itu menjadi tempat ibadah para kaisar bersama dengan keluarganya pada masa lalu saat ada acara, seperti bulan purnama atau festival.  Tanpa meninggalkan fungsi aslinya sebagai tempat ibadah, kini Pagoda Tran Quoc juga menjadi pilihan wisata masyarakat Vietnam maupun turis Asing. Saat bertandang ke tempat ini, Anda akan mendapati kemegahan bangunan pagoda yang tua namun tetap terawat. Posisinya yang berada di seberang pulau membuat, pagoda ini memiliki latar yang eksotis. Pemandangan ini sangat cocok menjadi latar foto Anda. Oleh karena itu, pastikan jangan lupa berselfie ya saat mengunjungi pagoda ini. Ingat! tetap patuhi aturan pengelola wisata setempat dan jangan asal jepret setiap objek!

Baca Juga  APA-APAAN NAIK GUNUNG NGGAK BAWA MIE INSTAN? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *