Cara Memilih Makanan Halal Saat Berkunjung ke Korea Selatan

Saat ini Korea Selatan merupakan salah satu negara destinasi yang cukup populer dikunjungi oleh wisatawan dari seluruh dunia, tak terkecuali dari Indonesia. Bagi wisatawan Muslim, bepergian ke negara-negara minoritas Islam seperti Negeri Ginseng memiliki kendalanya tersendiri sehubungan dengan masalah makanan halal. 

Namun begitu, Muslim traveler jangan khawatir. Seiring dengan meningkatnya kunjungan wisatawan dari negara-negara mayoritas Muslim, pemerintah Korea Selatan mulai mempertimbangkan untuk menyediakan tempat-tempat makan yang ramah bagi turis Muslim. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menemukan makanan halal di sana:

Mencari Restoran Halal

Korea Muslim Federation (KMF) adalah sebuah organisasi yang menyediakan informasi tentang Islam di negeri tersebut. Saat ini KMF sudah bisa menerbitkan sebuah sertifikat untuk menunjukan kehalalan bahan-bahan makanan di restoran. 

Selain berlogo halal, Anda juga mungkin bisa menemukan beberapa restoran yang mana pemiliknya sendiri adalah orang Muslim. Untuk menemukan restoran-restoran halal, Anda bisa mengandalkan aplikasi dari google map untuk menunjukan jalannya.   

Mencari Makan di Sekitar Masjid

Saat ini ada sejumlah masjid yang bisa ditemukan di negeri ini, salah satunya adalah Seoul Central Mosque di Itaewon. Di sekitarnya Anda bisa menemukan beberapa restoran dengan menu-menu yang dijamin halal, dimulai dari jenis makanan Korea hingga Timur tengah. 

Jangan Malu Bertanya

Anda bisa bertanya kepada restoran setempat, apakah mereka menjual makanan berbahan daging, terutama yang mempergunakan pork dan lard. Selain itu, Anda juga bisa menanyakan apakah mereka mempergunakan campuran minuman alkohol ke dalam makanannya.

Selain beberapa cara di atas, Anda mungkin bisa mungkin bisa memutuskan untuk mencari restoran seafood atau vegetarian. Meski demikian, ini merupakan opsi terakhir jika Anda berada di daerah yang cukup jauh dari tempat-tempat yang menjual makanan halal. 

Baca Juga  4 Cara Mudah Merawat Tenda Agar Tetap Awet

Meski demikian, vegetarian dan seafood tidak 100% dapat memberi jaminan kehalalan, terutama pada bumbu-bumbu yang dipergunakan. Kami sarankan agar Anda membawa beberapa makanan instan atau lauk kering dari Tanah Air, untuk berjaga-jaga jika tidak bisa langsung menemukan restoran halal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *