Beberapa Hal yang Harus Dihindari Saat Makan Pakai Sumpit di Jepang

Sumpit merupakan salah satu peralatan makan yang lumrah dipergunakan sehari-hari oleh masyarakat Jepang. Namun begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mempergunakannya. Beberapa diantaranya pantang untuk dilakukan karena dianggap tabu atau bahkan sangat tidak sopan.

Hal ini juga cukup penting dilakukan demi menghormati adat dan kebiasaan dari penduduk setempat. Oleh karena itu, hindari melakukan hal-hal seperti berikut ini:

Mengambil Sumpit Duluan Sebelum Mangkuk Nasi

Hal ini mungkin terdengar sepele, tetapi nyatanya cukup penting. Hal ini juga berlaku saat Anda mencoba mengganti mangkuk nasi ke mangkuk sup. 

Anda harus meletakan sumpit terlebih dahulu ke tempat sumpit yang disediakan. Setelah Anda sudah mengganti mangkuk berikutnya, Anda baru diperkenankan untuk mengangkat sumpit kembali. 

Manaruh Sumpit di Atas Mangkuk yang Ada Isinya

Umumnya kesalahan ini dilakukan oleh orang asing saat mereka hendak melakukan jeda makan. Hal yang sebaiknya dilakukan adalah menaruh sumpit pada tempatnya atau ke dalam nampan. 

Anda boleh melakukan hal ini pada mangkuk yang sudah kosong, yaitu saat Anda benar-benar sudah selesai makan.

Menancapkan Sumpit di Atas Mangkuk

Sumpit yang ditancap ke nasi mengingatkan akan ritual kematian di Jepang. Saat orang meninggal, dupa biasanya akan ditancapkan ke dalam mangkuk beras di dekat jenazah. 

Ragu-ragu Mengambil Lauk dengan Sumpit

Pastikan Anda sudah memutuskan akan mengambil lauk yang ingin dimakan. Hindari untuk maju mundur saat hendak mengambil makanan. Kebiasaan ragu ini disebut “mayoibashi” atau yang berarti “sumpit ragu-ragu”.

Mengambil Makanan dari Sumpit ke Sumpit

Hal yang satu ini adalah yang paling tabu dilakukan karena mengingatkan akan prosesi pemindahan sisa tulang kremasi antar sanak saudara pada prosesi kematian di Jepang. Cara lain untuk menerima makanan yang diberikan orang lain adalah dengan menawarkan piring kepada orang yang memberikan makanan. 

Baca Juga  4 Cara Mudah Merawat Tenda Agar Tetap Awet

Selain beberapa hal di atas, hindari menjilat sisa makanan di sumpit, memainkan sumpit dengan cara dipukul-pukulkan ke mangkuk, hingga menarik makanan dengan sumpit agar lebih dekat. Nah, menarik sekali, bukan? Ternyata di Jepang penggunaan sumpit bahkan memiliki aturannya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *