4 Kuliner Khas Malaysia yang Wajib Dicoba

Piknik ke luar negeri tak selalu harus jauh ke Eropa atau Amerika. Negera tetangga Malaysia pun bisa menjadi pilihan. Letaknya dekat dengan Indonesia, membuat bujet ke Negeri Jiran pun tak membengkak. Menariknya, negara asal kartun Upin-Ipin ini tak hanya memiliki banyak destinasi wisata menarik, tetapi juga kuliner yang nendang! Woww.. apa saja itu? Berikut 5 kuliner khas Malaysia yang wajib dicoba.

Nasi Lemak

pixabay

Di Indonesia nasi Lemak bisa disamakan dengan  nasi uduk. Seperti halnya nasi uduk, nasik lemak dengan  mencampurkan santan kepala, sehingga aroma gurih begitu menusuk. Nasi Lemak disajikan bersama sambal sotong, sambal goreng teri, tumis kangkung juga rendang sapi. 

Karipap

pexels

Jajanan khas Johor ni mirip dengan pastel jika di Indonesia. Bila di Indonesia pastel isinya kentang dan sayuran, karipap bisa berisi ayam, daging, sarden bahkan jamur. Jajanan satu ini termasuk kuliner Malaysia yang banyak melakukan ‘ekspansi’. Pasalnya, selain mudah dijumpai di Malaysia, panganan ini pun juga banyak dijual di Singapura (namanya karipow) juga di Thailand. Namun, tentu merasakan karipap asli di Johor Malaysia akan berbeda baik rasa maupun suasananya dibanding membeli di negara lain bukan?!

Manok Pansoh

Nah, kalau makanan dengan nama unik ini asli dari Serawak. Manok Pansoh adalah daging ayam dengan bumbu rempah yang begitu lekat lalu dipanggang dalam ruas bambu. Sebelum dibakar, kedua ujung pemrukaan mambu tersebut ditutup dengan daun ubi kayu agar uap panas tak keluar. Wal hasil, daging ayam pun memilik cita rasa yang khas dan empuk. 

Nasi Daun Pisang 

Di Indonesia, khususnya di Yogyakarta, Klaten, Solo dan sekitarnya, makanan ini bisa digambarkan mirip dengan nasi kucing. Bedanya, jika nasi kucing terdiri dari nasi dan ikan asin, nasi daun pisang menggunakan sayuran dan siraman bumbu kari khas India sebagai ‘teman’ nasi. Nasi daun pisang sendiri sebenarnya adalah kuliner khas India, tepatnya Tamill Nadu, Andhra Pradesh, Karnataka dan Kerala yang kemudian diboyong ke Malaysia. 

Baca Juga  Sejumlah Kebiasaan yang Perlu Dihindari Saat Berada di Turki

Demikian 5 kuliner khas Malaysia yang perlu Anda coba saat melancong ke negeri asal diva pop Siti Nurhaliza itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *